DIBIMBING LANGSUNG OLEH INSTRUKTUR YANG PROFESIONAL SERTA DOSEN UNIVERSITAS NEGERI DAN SWASTA TERNAMA DI JAKARTA

OVERVIEW KONSULTAN HOTEL

Pariwisata adalah salah satu industri yang perkembangannya paling cepat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya negara yang menjadikan industri pariwisata sebagai motor penggerak perekonomiannya. Indonesia memiliki potensi dalam industri ini, terbukti dari sumbangan yang diberikan sektor ini kepada aktivitas internal negara, yaitu sebanyak 38 % dari GDP Indonesia (BPS: 2001). Pada dasarnya pemerintah sudah banyak melakukan program – program untuk  pengembangan pariwisata Indonesia. Selain itu juga pemerintah Indonesia tahun ini sudah menerapkan program Visit Indonesia Year 2008, yang tujuannya tak lain dan tak bukan adalah untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.
Keberhasilan sektor pariwisata tidak saja tergantung dari pemerintah semata tetapi juga peran serta dari para aktor lain seperti para praktisi pariwisata, para pembuat kebijakan, dan orang – orang yang terlibat langsung dalam kegiatan pariwisata serta masyarakat itu sendiri. Selain itu komponen seperti objek wisata, hotel dan restoran, transportasi serta aspek pendukung lainnya harus tetap mendapat perhatian penting.
Dengan meningkatkan kegiatan pariwisata, diperlukan pengelolaan yang baik dari setiap komponen yang ada. Hotel dan restoran menjadi sebuah komponen penting dalam kegiatan pariwisata. Pesatnya permintaan akan akomodasi sangat tinggi, apalagi disaat – saat peak season, harapan masyarakat terhadap hotel dan restoran pun semakin beragam dan semakin tinggi. Misalnya saja sekarang sudah berkembang konsep boutique hotel, dimana jumlah kamar terbatas dan fasilitas yang luar biasa mewah serta sangat memanjakan wisatawan. Contoh hotel ini di Indonesia adalah Losari Plantation, Begawan Giri, dan Banyan Tree di Pulau Bintan. Kepuasaan wisatawan terhadap hotel dan restoran tidak hanya ditentukan oleh sarana dan prasarana dari hotel dan restoran tersebut, tetapi pengelolaan hotel dan restoran yang baik juga sangat mempengaruhi kualitas dari pelayanan hotel dan restoran tersebut.

Pengelolaan hotel dan restoran yang baik sangat erat kaitannya dengan sumber daya manusia yang mengelolanya. Untuk itu sumber daya manusia yang bekerja dihotel dan restoran harus memiliki pengetahuan, ketrampilan, kompetensi, serta sikap yang baik dalam profesinya maupun secara manajemen. Sehubungan dengan hal tersebut kami bermaksud menawarkan rangkaian pelatihan, jasa konsultasi baik dalam hal profesi maupun manajemen pengelolaannya, yang kami kemas dalam paket parsial ataupun keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar